Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menganalisa Peluang Usaha Kue Basah Rumahan Bagi Pemula

Usaha kue basah rumahan masih menjadi pilihan bagi sebagian besar entrepreneur muda indonesia. Hal ini karena usaha kue basah rumahan masih memiliki potensi yang besar untuk dijalankan. Selain itu usaha kue basah rumahan juga sangat mudah untuk dimulai.

Kebanyakan orang indonesia sangat menyukai mengkonsumsi kue basah tersebut. Kebanyakan mereka mengkonsumsi kue basah itu sendiri sebagai cemilan atau makanan selingan di antara waktu makan mereka ataupun sebagai hidangan di acara - acara mereka, seperti misalnya meeting atau pertemuan warga.

usaha-kue-basah-rumahan


Kue basah sendiri memiliki berbagai jenis dan rasa yang beragam. Ada kue basah yang berasa manis dan ada pula yang berasa gurih.

Dengan melihat potensi tersebut maka pada artikel kami kali ini akan kami berikan analisa peluang usaha kue basah rumahan bagi pemula atau entrepreneur muda yang ingin terjun ke bisnis ini. Silahkan disimak ya:


Peluang Usaha Kue Basah Rumahan


Peluang usaha kue basah rumahan merupakan jenis usaha yang sangat berpotensi di berbagai penjuru indonesia dengan melihat banyaknya peminat serta kebutuhan dari hasil produksi usaha ini.


Usaha kue basah rumahan adalah salah satu jenis bisnis rumahan yang dapat dimulai dengan modal yang kecil namun dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Jenis usaha ini bagus untuk dijalankan oleh orang - orang yang memiliki waktu lebih di rumah atau mereka - mereka yang saat ini WFH.

usaha-kue-basah-rumahan


Usaha kue basah rumahan ini juga tidak lekang dimakan waktu, baik jenis kue basah yang tradisional atau jenis kue basah kekinian seperti yang banyak ada saat ini. Kue basah ini juga selalu disajikan di berbagai acara masyarakat.


Walau persaingan usahanya sangat ketat akan tetapi setiap orang dapat memiliki kesempatan untuk sukses dalam menjalankan usaha kue basah rumahan.


Jika kalian mempunyai keahlian dalam membuat kue basah maka usaha kue basah rumahan ini sangat cocok untuk dijalankan. Walaupun kalian tidak bisa membuat kue basah maka carilah orang lain seperti keluarga atau rekanan anda untuk bersama - sama membangun usaha ini.


Untuk menghadapi ketatnya persaingan usaha ini, bermainlah di kreasi dan inovasi produk serta sistem marketing yang kalian jalankan ya. Tambahkan nilai jual pada produk kalian sehingga menjadi berbeda dengan kompetitor - kompetitor kalian.


Kekurangan Dan Kelebihan Usaha Kue Basah Rumahan


Setiap jenis usaha pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya masing - masing. Begitupun usaha kue basah rumahan ini. Berikut akan kami berikan apa aja sih kelebihan serta kekurangan dari usaha ini?


1 Kelebihan Usaha Kue Basah Rumahan

  • Potensi market yang sangat besar
  • Kebanyakan kompetitor adalah jenis usaha rumahan dan kecil
  • Mudah untuk dimulai dan dilakukan sekalipun oleh enterpreneur muda
  • Memiliki ruang kreasi yang luas pada hasil produknya
  • Dimulai hanya dengan modal yang kecil
  • Memiliki banyak cara pemasaran yang mudah dilakukan oleh pemula


2 Kekurangan Usaha Kue Basah Rumahan

  • Permintaan produk yang tidak stabil jika teknik pemasaran yang tidak kreatif
  • Banyak jenis varian kue basah yang peminatnya musiman
  • Harus melakukan inovasi dan kreasi produk kue basah
  • Harus menghitung kebutuhan produk setiap hari untuk menghindari kerugian dari kue basah yang tidak laku terjual di hari itu


Menganalisa Modal Dan Keuntungan Usaha Kue Basah Rumahan

usaha-kue-basah-rumahan

Selanjutnya mari kita gali lebih dalam lagi peluang usaha kue basah rumahan ini berdasarkan modal, biaya operasional serta keuntungannya. Berikut adalah hasil analisa yang dapat kami sampaikan:


1 Modal Usaha Kue Basah Rumahan 

Modal yang akan kita bahas disini adalah modal finansial. Tidak ada angka wajib untuk modal memulai usaha ini. Akan tetapi bisa kami berikan gambaran kebutuhan - kebutuhan apa saja sehingga kalian dapat memperkirakan kebutuhan modal kalina masing - masing:

  • Penyewaan tempat berjualan apabila cara pemasaran yang kalian pilih adalah berjualan sendiri di sebuah tempat
  • Pembelian alat - alat produksi seperti misalnya mixer, oven dan sebagainya
  • Biaya operasional selama proses usaha


2 Biaya Operasional Usaha Kue Basah Rumahan

Hitung dan persiapkanlah biaya operasional ini di dalam kebutuhan modal untuk memulai usaha kalian. Hal ini untuk menjauhi segala gangguan selama proses usaha dikarenakan kehabisan dana untuk operasional.


Biaya operasional itu sendiri adalah segala biaya yang keluar saat kalian melakukan sebuah produksi, dimana secara keseluruhan biaya tersebut memiliki beberapa poin yang penting. Berikut contoh rincian kasar dari sebuah biaya operasional pembuatan kue basah rumahan selama satu bulan :

  • Biaya Bahan Produksi Kue Basah : Rp. 2.500.000
  • Biaya Gas : Rp. 300.000
  • Biaya Listrik dan Air : Rp. 500.000
  • Biaya Transportasi : Rp. 300.000
  • Biaya Gaji 2 Orang Karyawan : Rp. 2.000.000
  • Biaya Lain-lain : Rp. 500.000

Diatas adalah contoh kasar dari sebuah biaya operasional usaha kue basah rumahan. Silahkan disesuaikan dengan kondisi kalian masing - masing.


3 Menghitung Keuntungan Usaha Kue Basah Rumahan


Ada 2 potensi income yang bisa kalian dapatkan dari usaha kue basah rumahan ini yaitu:

  1. Profit dari kue basah yang dijual sehari-hari
  2. Profit dari pesanan khusus kue basah

Berikut adalah contoh untuk menganalisis modal dan keuntungan usaha kue basah rumahan:

Sebelum kami lanjutkan, untuk menentukan berapa kebutuhan modal dibutuhkan pembahasan yang jauh lebih spesifik lagi terkait apa jenis kue basah yang akan kalian buat. Akan tetapi kami di sini ingin mengulas secara umum saja. 

Berikut analisis modal yang diperlukan untuk bisnis kue skala menengah:

  • Biaya Bahan baku : Rp300.000 x 30 = Rp9.000.000 (Kebutuhan produksi selama 30 hari, per hari Rp300.000)
  • Biaya Gas (untuk kebutuhan 30 hari) : Rp300.000
  • Biaya Kebutuhan listrik dan air : Rp250.000 per bulan
  • Total pengeluaran : Rp9.550.000

Lalu bagaimana keuntungannya?

Jika dilihat dan dianalisa dari besarnya modal diatas maka omzet per hari yang mungkin bisa didapat adalah mencapai Rp500.000.

Sedangkan untuk menghitung seberapa besar keuntungan bersih yang didapat, yaitu:

Rp500.000 x 30 (hari) = Rp15.000.000. 

Kemudian kurangilah dari total pengeluaran kalian sebelumnya : 

Rp 15.000.000 – Rp 9.550.000 = Rp 5.450.000.

Sehingga total keuntungan bersih kalian dalam sebulan yaitu sebesar Rp 5.450.000,-

Bagaimana? Menggiurkan bukan?


Meningkatkan Profit Usaha Kue Basah Rumahan

Sebelum masuk ke bagian bagaimana kita meningkatkan profit usaha kue basah rumahan, silahkan kalian kunjungi artikel kami sebelumnya yang berjudul “Strategi Memulai Usaha Kue Rumahan Untuk Pemula” Disini untuk mempelajari bagaimana strategi untuk memulai usaha kue basah rumahan.

Setelah kalian membaca apa saja strategi untuk memulai usaha kue basah rumahan, maka berikut akan kami berikan beberapa tips untuk meningkatkan keuntungan usaha kalian:

usaha-kue-basah-rumahan


1 Tingkatkan Nilai Jual Produk Kue Basah Kalian

Jadilah yang berbeda dengan kompetitor kalian. Berinovasi dan berkreasi lah pada produk kalian ataupun teknik marketing kalian agar konsumen merasakan mendapat nilai lebih jika membeli kue basah pada usaha kalian. Jauhilah persaingan harga dengan kompetitor kalian.


2 Memperbanyak Jumlah Produksi Kue Basah Terlaris

Tips ini dimulai dengan kalian mencatat segala produk kue basah yang berhasil kalian jual setiap harinya. Dari data tersebut bisa kalian lihat mana kiranya jenis kue yang menjadi produk unggulan kalian.

Produksi lah lebih banyak lagi untuk jenis kue basah tersebut dan pasarkan kembali lebih jauh di market yang lebih luas. Dengan begitu, kalian dapat menghindari kerugian dari jenis kue basah yang tidak cukup laku dan profit pada usaha kalian pun akan perlahan-lahan meningkat.


3 Memperbanyak Varian Produk

Untuk memperluas market, tips selanjutnya adalah dengan menambahkan jenis variasi produk kue basah kalian pada menu. Penambahan ini disesuaikan juga dengan hasil survey yang harus kalian lakukan sebelumnya ya. Jangan asal menambah varian kue basah yang berpotensi rugi.


4 Perluas Terus Target Konsumen Kalian Setiap Harinya

Manfaatkan perkembangan internet untuk mempromosikan usaha kue basah rumahan kalian. Seperti promosi gratis di berbagai social media atau kalian dapat mempromosikan usaha kue basah rumahan kalian secara berbayar di social media.


Cara Terbaik Memasarkan Usaha Kue Basah Rumahan

Ada beberapa cara terbaik yang dapat kalian lakukan untuk memasarkan usaha kue basah rumahan kalian yang sangat mudah untuk dilakukan berikut ini:

  1. Melakukan penjualan di “Pasar Kaget” seperti pasar akhir pekan, Car Free Day ataupun di waktu - waktu spesial lainnya.
  2. Menitipkan produk kue basah kalian di gerai penjualan
  3. Memberikan penawaran pesanan untuk event masyarakat seperti rapat, seminar, arisan atau acara - acara lainnya.
  4. Memasarkan produk kue basah dengan sistem Pre-order
  5. Menjadi distributor Toko Kue yang besar


Demikianlah artikel Menganalisis Peluang Usaha Kue Basah Rumahan Bagi Pemula ini. Semoga dapat menginspirasi dan bisa membantu niat kalian untuk memulai usaha kue basah rumahan ini.


Salam sukses and See you on top!

Posting Komentar untuk "Menganalisa Peluang Usaha Kue Basah Rumahan Bagi Pemula"

Berlangganan via Email