Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Jual Es Batu Rumahan Yang Menguntungkan

Usaha jual es batu rumahan mungkin untuk beberapa diantara kalian tidaklah begitu menarik. Akan tetapi apakah kalian mengetahui jika usaha jual es batu rumahan sebenarnya menyimpan sebuah potensi besar? usaha jual es batu rumahan juga hanya membutuhkan modal yang kecil untuk dimulai.


Es batu memang terlihat agak sepele karena membuat es sangatlah mudah serta dapat dijumpai dimana - mana.

Usaha-jual-es-batu-rumahan


Akan tetapi apakah entrepreneur muda mengetahui bahwasannya es bisa membuat seseorang menjadi jutawan?


Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya seiring berjalannya waktu banyak sekali usaha - usaha kuliner yang lahir dan membutuhkan es batu sebagai pelengkap minumannya seperti usaha kafe, restoran, bahkan warung kecil sekalipun.


Pada artikel kami kali ini akan coba kita membahas lebih detail seputar usaha jual es batu rumahan:


Mengenal Lebih Jauh Usaha Jual Es Batu Rumahan


Untuk memulai usaha jual es batu rumahan, modal wajib yang harus kalian miliki adalah hanya kulkas biasa yang ada di rumah kalian masing - masing. Jika memiliki modal lebih mungkin memiliki pencetak es otomatis akan lebih membuat proses produksi es menjadi lebih praktis lagi.


Sebelum membahas lebih jauh, ketahuilah bahwa usaha es ini tidak akan lekang oleh waktu karena es akan selalu dibutuhkan.


Sebelum memulai usaha apapun selalu biasakan diri kalian untuk melakukan riset pasar. Khusus untuk usaha jual es batu rumahan ini kalian harus melihat potensi market nya dimana nantinya kalian akan menawarkan hasil produksi es kalian tersebut.


Riset ini selain untuk menghitung peluang keuntungan dan konsumen, kalian juga bisa menghindari kerugian akibat dari tidak adanya konsumen yang berhasil kalian dapatkan.


Mulailah dari industri kuliner kecil disekitar kalian seperti pedagang jus, pedagang es buah, atau masih banyak lagi yang lainnya. Ajaklah untuk bekerjasama dalam penyediaan kebutuhan es mereka setiap harinya.


Menentukan Target Market Usaha Jual Es Batu Rumahan


Sebelumnya sudah kami berikan satu tips sebelum memulai usaha ini yaitu melakukan riset pasar. Hal tersebut untuk menentukan target market kalian atau konsumen yang tepat untuk produk kalian.


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh target market yang dapat kalian bidik untuk menjalankan usaha jual es batu rumahan:


1. Industri Bahan Makanan Beku


Terdapat banyak sekali industri penyedia bahan makanan yang dimana kondisinya harus tetap fresh dan segar. Mereka membutuhkan banyak sekali es batu untuk menjaga suhu bahan makanan tersebut.


Contohnya saja seperti pedagang di pasar yang menjual bahan makanan hasil laut (ikan, kepiting, gurita, kerang, udang, dan lain sebagainya).


Setiap harinya mereka membutuhkan es batu yang sangat banyak dan membutuhkan suplai secara kontinu. Es batu tersebut digunakan untuk menjaga daripada kesegaran bahan makanan hasil laut yang sedang dijual atau disimpan. 


2. Industri Kuliner: Restaurant, Cafe, dan Usaha Minuman


Industri ini bukan hal asing lagi merupakan target usaha es batu rumahan ini. Setiap hari jelas mereka membutuhkan banyak sekali es. Selain untuk membuat hidangan minuman dingin, es juga mereka pakai untuk menjaga kesegaran bahan makanan yang mereka simpan.


Jika kalian ingin menyuplai es batu di industri ini maka kalian harus membedakan kebutuhan mereka. Jika es digunakan untuk kebutuhan minuman dingin mereka maka kalian wajib menyediakan es batu sehat yang diproduksi dengan bersih.

Usaha-jual-es-batu-rumahan


Persiapan Memulai Usaha Jual Es Batu Rumahan


Sebelum memulai usaha es batu rumahan ini ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan dan kalian antisipasi. Hal ini agar selama proses usaha tidak ada gangguan yang dapat membuat usaha kalian terhenti di tengah jalan.


Berikut adalah uraiannya:


1. Persiapkan Bahan Baku Es Batu Yang Bersih


Untuk menjaga kualitas es batu kalian, mulailah dari persiapan bahan bakunya itu sendiri yaitu air mineral yang matang. Hal ini adalah untuk menjaga kualitas produk kalian yang akan digunakan pada industri kuliner.


2. Penentuan Harga Jual Es Batu


Biasanya harga jual es batu di pasaran rata - rata sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 tiap bungkusnya. Harga tersebut sudah sangat menguntungkan untuk kalian yang bermodalkan hanya kulkas di rumah kalian saja.


3. Berkreasi Dalam Hal Promosi


Gunakanlah media social dan juga marketplace untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen kalian. Akan tetapi selalu perhatikan kapasitas produksi kalian terlebih dahulu. Apabila rpdouksi kalian tidak sanggup memenuhi kebutuhan konsumen maka lebih baik kalian lebih fokus untuk menaikkan jumlah produksi kalian terlebih dahulu.


4. Keuntungan Usaha Es Batu Rumahan


Usaha es batu rumahan memiliki kemudahan untuk proses pemasarannya. Apabila kalian menjual es batu dengan jenis kristal, peminat serta keuntungannya pun akan semakin banyak.


5. Kekurangan Dari Usaha Es Batu Rumahan


Ketika musim hujan, penjualan es batu juga akan mengalami penurunan. Akan tetapi penurunan penjualan tersebut tidak akan drastis. Untuk itu penting sekali bagi kalian yang ingin menjalankan usaha ini untuk mencari target konsumen seperti yang sudah kami jelaskan diatas.



Demikianlah pemaparan kami seputar usaha jual es batu rumahan yang jarang dilirik banyak orang karena dianggap sepele. Semoga dapat menginspirasi kalian semua.


Salam sukses!


See you on top!


Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Jual Es Batu Rumahan Yang Menguntungkan"

Berlangganan via Email