Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Usaha Sambal Kemasan Rumahan Untung Besar

Usaha sambal kemasan rumahan di masa pandemi menjadi sebuah pilihan yang bagus untuk dilakukan bagi entrepreneur muda. Selain bisa dimulai dengan modal kecil, usaha sambal kemasan rumahan ini juga memiliki potensi yang besar. Pertanyaannya, bagaimana cara memulai usaha sambal kemasan rumahan ?


Pada artikel kami kali ini kami akan membahas beberapa hal penting sebelum kalian entrepreneur muda memulai usaha sambal ini.

Usaha-sambal-kemasan-rumahan


Kita akan mulai dari contoh nyata bagaimana seseorang yang berhasil dengan mengambil peluang usaha sambal ini hingga meraup keuntungan yang besar dengan dimulai dari modal yang kecil.


Tidak hanya soal resep sambalnya saja, akan tetapi teknik pemasaran juga akan mempengaruhi sukses tidaknya usaha sambal yang akan kalian jalankan.


Disini juga akan kami berikan tips perihal problem yang banyak ditemui oleh pengusaha sambal kemasan rumahan yaitu menjaga agar sambal yang diproduksi menjadi awet dan tidak mudah basi.


Silahkan kalian entrepreneur muda simak penjelasan kami berikut ini:


Peluang Usaha Sambal Kemasan Rumahan


Seperti yang kita ketahui, sebagian besar orang indonesia sangat menyukai sambal sebagai pelengkap di tiap hidangan makanan mereka. Bahkan ada orang yang tidak berselera makan apabila tidak ada sambal di meja makannya.


Melihat begitu besarnya potensi dan juga kebutuhan akan sambal ini, mulai banyak inovasi - inovasi dengan menawarkan berbagai jenis sambal yang kemudian berkembang menjadi sambal kemasan rumahan dengan rasa uniknya masing - masing. Modal untuk memulai usaha ini pun bisa dikatakan sangatlah kecil. 

Usaha-sambal-kemasan-rumahan


Peluang usaha sambal kemasan rumahan memiliki pintu yang terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin menjalankannya.


Sebagai contoh, kita bisa melihat kesuksesan dari Putri Ambarani. Seorang pengusaha muda indonesia yang mendirikan bisnis suksesnya yang dinamai dengan “Sambal Jebred”.


Putri mengawali usaha sambalnya hanya dengan bermodalkan uang Rp 50.000 dimana dia pakai untuk membeli bahan - bahan sambal seperti cabai dan juga bawang. Dari sana dia berhasil membuat 16 bungkus sambal berukuran masing - masing 60 gram.


Produksi pertamanya dia menawarkan produk sambalnya tersebut kepada rekan - rekan sekitarnya. Respon yang dia dapat sangatlah positive. Dari sana dia lanjutkan dengan mempromosikan produk sambalnya menggunakan instagram dan juga menjualnya di marketplace. Hingga kini bisnisnya berhasil meraih omzet hingga Rp30 juta per bulan.


Di awal usahanya, putri hanya memproduksi satu varian sambal. Seiring waktu akhirnya dia berhasil membuat 9 varian sambal baik dalam bentuk basah maupun kering dengan ukuran 60 gram hingga 1 kg.


Jenis Sambal Yang Banyak Disukai Saat Ini

 

Berikut adalah beberapa jenis sambal yang mungkin bisa kalian pilih salah satu untuk mulai menjadi usaha sambal rumahan kalian:


  • Sambal Ijo
  • Sambal Terasi
  • Sambal Bawang
  • Sambal Matah


Strategi Pemasaran Sambal Kemasan

Usaha-sambal-kemasan-rumahan


Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat kalian lakukan untuk memulai usaha sambal kemasan rumahan, berikut adalah beberapa yang dapat kami sampaikan:


1. Survei Market Terlebih Dahulu


Lakukan survei pasar untuk mencari informasi yang banyak seputar berbagai macam jenis sambal yang paling banyak dicari target konsumen kalian.


2. Perbanyak Uji Coba Resep Untuk Memaksimalkan Produk Sambal Kalian


Target dari strategi ini adalah mendapatkan resep sambal dengan rasa yang khas yang berbeda dari banyak jenis sambal kemasan lainnya di pasaran.


3. Dokumentasikan Dengan Rapi Segala Proses Uji Coba Resep Sambal


Jangan remehkan segala proses. Termasuk semua proses uji coba resep sambal. Catat lah dengan rapi dan dokumentasikan agar memudahkan kalian kedepannya melakukan inovasi.


4. Kualitas Bahan Baku Selalu Yang Utama


Pertahankan kualitas produk kalian dengan selalu menggunakan bahan baku yang segar dan berkualitas.


5. Gunakan Jenis Terasi Yang Spesial


Apabila varian sambal kalian ada yang membutuhkan bahan terasi, selalu gunakan terasi yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas produk sambal kemasan rumahan kalian.


6. Perhatikan Kemasan Sambal Kalian


Utamakan penggunaan botol bening untuk mengemas produk sambal kalian untuk meningkatkan nilai profesionalisme produk kalian.


7. Mulai Dengan Berfokus Pada Satu Varian Produk


Untuk kalian pemula, fokuslah terlebih dahulu pada 1 varian sambal dahulu agar memudahkan kalian mengatur segala proses penjualannya.


8. Membangun Brand Secara Profesional


Bangunlah brand produk kalian secara profesional agar menambah nilai jual produk kalian ditengah persaingan usaha yang sangat ketat saat ini.


9. Mulai Dengan Jumlah Produksi Kecil Dahulu


Tahap awal, janganlah memproduksi sambal dengan jumlah yang banyak. Mulai dengan jumlah sedikit dahulu awalnya.


10. Berinovasi Dengan Cara Promosi


Kunci sukses usaha sambal kalian cepat berkembang adalah dengan berkreasi serta berinovasi dalam hal promosi menggunakan bantuan perkembangan internet seperti social media atau marketplace yang ada di indonesia


12. Menitipkan Produk Ke Tempat - Tempat Yang Berpotensi


Secara offline kalina harus coba menitipkan produk kalian di tempat - tempat di sekitar rumah kalian seperti warung kelontong atau warung makan untuk dijual disana.


13. Mulai Mengembangkan Varian Sambal Yang Baru


Jika varian pertama kalian sudah mulai berkembang maka mulailah mencari resep untuk varian yang baru agar usaha sambal kemasan rumahan kalian dapat di scale up lebih besar lagi kedepannya.


Tips kemasan sambal unik Agar Sambal Awet

Usaha-sambal-kemasan-rumahan


Salah satu kekurangan dari banyak penjual sambal kemasan adalah kurangnya pengetahuan mereka dalam mengemas produknya. Untuk itu berikut kami berikan 10 tips bagaimana mengemas sambal kalian agar awet dan tahan lama, yang kami kutip dari bisnisukm.com berikut ini:


  1. Gunakan kemasan botol dari kaca. Apabila kalian memiliki sedikit modal maka kalian bisa memakai kemasan botol dari plastik yang tebal. Pilihlah plastik foodgrade dengan ketebalan, minimal 3,2 mm.
  2. Selalu lakukan proses sterilisasi pada kemasan botol dari kaca. Caranya dengan merebusnya di dalam air panas selama 30 menit. Setelah itu keringkan botol tadi dengan cara ditiriskan.
  3. Pastikan sambal yang kalian produksi benar-benar dalam kondisi matang dan tidak ada bahan yang mentah atau setengah matang di proses akhir. 
  4. Khusus kemasan botol kaca, saat sambal dikemas harus dalam keadaan panas dengan suhu minimal 82° C. setelah itu tutuplah botol kemudian rebus kembali di dalam air mendidih selama ± 10 menit untuk proses segelnya.
  5. Khusus kemasan botol plastik, saat dikemas ke dalam botol sambal harus dalam keadaan dingin dahulu. 
  6. Pastikan kalian menutup kemasan botol dengan rapat. Caranya adalah dengan menggunakan segel alumunium di botol plastik dan tutup plastik di botol kaca.
  7. Selain menggunakan botol, kalian juga dapat mengemas produk sambal kalian dengan menggunakan kemasan plastik. Pilihlah kemasan plastik tebal dan kedap udara supaya didalamnya tidak ada udara yang akan membuat sambal cepat basi.
  8. Saat memasak sambal, gunakan minyak dalam jumlah yang lebih banyak karena minyak bisa menjadi pengawet alami sambal kalian.
  9. Kalian juga dapat menambahkan tomat maupun jeruk nipis pada sambal kalian untuk membuat umur simpan produk kalian menjadi lebih panjang.
  10. Berilah pesan kepada konsumen kalian pada kemasan produk untuk menyimpan produk sambal kemasan di dalam kulkas setelah tutupnya dibuka.



Demikianlah artikel kami tentang Cara Memulai Usaha Sambal Kemasan Rumahan Untung Besar. Semoga dapat menginspirasi dan membantu teman - teman entrepreneur muda untuk memulai usaha ini. 


Salam sukses dan see you on top!

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Sambal Kemasan Rumahan Untung Besar"

Berlangganan via Email