Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Analisis SWOT Diri Sendiri Dan Strateginya Untuk Sukses!

Analisis swot diri sendiri dan strateginya mungkin jarang kita semua ketahui. Analisis SWOT sendiri lebih sering kita dengar diterapkan di dalam sebuah perusahaan. Padahal analisis swot diri sendiri dan strateginya dapat sangat membantu bagaimana kita sebagai individu berkembang di masa depan.


Secara singkat, analisis SWOT itu sendiri adalah sebuah cara untuk memetakan dari 4 unsur penting yaitu Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats.

analisis-swot-diri-sendiri-dan-strateginya


Banyak perusahaan besar yang menerapkan analisis SWOT ini untuk mengevaluasi kinerja maupun produk mereka. Tujuannya sama yaitu untuk mencapai target tertentu yang sudah mereka tentukan sebelumnya.


Lalu apa itu analisis SWOT diri sendiri? Mengapa kita memakai analisis SWOT untuk diri sendiri? Dan bagaimana cara strategi analisis tersebut untuk kepentingan kita?


Kami akan bahas detail semuanya pada artikel ini. Maka mari disimak ya.


Mengenal Diri Sendiri Dengan Analisis SWOT


Dalam ruang lingkup perusahaan atau Kewirausahaan, analisis SWOT adalah bentuk dari proses evaluasi kerja yang telah dilakukan maupun yang akan mereka kerjakan.


Dari hasil analisis tersebut mereka akan dapat membuat strategi dan taktik dalam pencapaian target mereka sendiri.


Begitu pun dengan analisis SWOT diri sendiri. Output terbesar bagi diri kalian yang paling dirasakan adalah kalian akan mengenal diri kalian sendiri lebih jauh lagi.


Pernahkah kalian menginginkan atau memiliki sebuah target tertentu kemudian kalian bingung harus memulai dari mana untuk mencapai hal tersebut?

analisis-swot-diri-sendiri-dan-strateginya


Hal itu terjadi karena kalian belum mengetahui segala potensi yang ada pada diri kalian masing - masing.


Atau pernahkah kalian dalam proses mencapai sesuatu di tengah jalan malah mengalami kegagalan dan tidak tahu harus bagaimana untuk melewati halangan tersebut?


Ini akibat dari persiapan yang kalian lakukan dari awal belum siap atau sempurna. Atau bahkan kalian belum menyadari bahwa halangan itu akan datang dan kalian belum mempersiapkan strategi guna menghadapinya.


Disinilah contoh analisis SWOT diri sendiri yang begitu berguna bagi setiap individu.


Kalian akan dapat mengambil sebuah gagasan atau keputusan untuk masa depan kalian berdasarkan hasil evaluasi SWOT tersebut.


Selain itu masih ada banyak manfaat lain dari analisis SWOT diri sendiri.kalian dapat membaca artikel kami sebelumnya yaitu Manfaat analisis SWOT untuk diri sendiri.


Studi Kasus Dari Contoh SWOT Tentang Diri Sendiri


Selanjutnya kita akan melihat contoh nyata bagaimana analisis SWOT ternyata sangat embantu pengembangan diri kalian masing - masing kedepannya.


Kami telah memberikan contoh bagaimana analisis SWOT digunakan untuk pengembangan diri sebelumnya pada artikel yang berjudul "Contoh SWOT Tentang Diri Sendiri Yang Berstrategi"

analisis-swot-diri-sendiri-dan-strateginya


jika kalian belum membaca artikel tersebut maka silahkan kalian baca dahulu sebelum kita berlanjut ke tahap selanjutnya agar memudahkan kalian mengerti bagaimana analisis SWOT itu digunakan pada diri sendiri.


Pada artikel tersebut kami memberikan contoh seorang mahasiswi yang baru saja lulus kuliah dari salah satu universitas ternama di kota yogyakarta bernama Rani.


Selayaknya lulusan fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, Rani memiliki sebuah keinginan dan cita-cita yang tinggi untuk bekerja di sebuah perusahaan asing.


Rani kemudian mencoba untuk menggunakan Analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana dan apa yang harus dia lakukan untuk mencapai tujuannya tersebut.


Berikut langkah - langkah analisis SWOT diri sendiri yang Rani lakukan:


  • Pertama dia evaluasi keempat unsur SWOT tersebut satu persatu yaitu Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threats (Ancaman) terhadap kondisi aktualnya saat itu.
  • Pada evaluasi ini dibutuhkan kejujuran dari Rani agar dia dapat mengambil keputusan yang benar untuk mencapai cita - citanya itu.
  • Setelah selesai mengerjakan dengan detail dari keempat unsur tersebut, Rani kemudian menganalisis dan melihat apa yang akan dia lakukan untuk mengejar cita-citanya.
  • Terakhir Rani menentukan keputusan berupa apa saja yang sekiranya akan dia lakukan hubungannya dengan pencapaian cita-citanya tersebut.


Perlu kalian entrepreneur muda ketahui, dalam mengambil keputusan atau kesimpulan dari analisis SWOT diri sendiri tersebut Rani menggunakan 4 strategi di dalamnya.


Mari kita bahas lebih detail perihal bagaimana strategi analisis SWOT diri sendiri Rani tersebut.


Strategi Mengambil Kesimpulan Analisis SWOT Diri Sendiri

analisis-swot-diri-sendiri-dan-strateginya


Untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan atau yang sudah kita rencanakan maka butuh beberapa strategi dalam mengolah bahan evaluasi analisis SWOT tersebut dalam kita mengambil keputusan.


Perlu kalian lihat dan perhatikan bahwasannya analisis SWOT ini terdiri 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.


Untuk faktor internalnya tersebut terdiri dari Strength dan Weakness kalian, sedangkan untuk faktor eksternalnya sendiri yaitu Opportunity dan Threats.


Keputusan ataupun langkah yang akan kita ambil harus menggabungkan antara kedua faktor tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Dengan kata lain satu sama lain dari ke 4 faktor analisis SWOT sebenarnya saling mendukung satu sama lain.


4 strategi untuk mengolah analisis SWOT diri sendiri sudah kami bahas detail pada artikel kami yang berjudul “Cara Membuat Analisis Swot Diri Sendiri Serta Strategi Pendukungnya


Kali ini akan kita kupas bagaimana Rani menggunakan strategi ini dalam mengolah analisis SWOT diri sendiri yang dia lakukan:


Strategi Strength Opportunity (SO)


  • Untuk dapat dengan lancar di saat proses lamaran di perusahaan yang menjadi targetnya, Rani akan Terus berlatih mengerjakan berbagai soal psikotes.
  • Rani membuat serta menyusun portofolio nya untuk nantinya akan terlihat lebih enak untuk dibaca serta diketahui oleh recruiter dari perusahaan tersebut.


Strategi Weakness Opportunity (WO)


  • Rani juga akan mulai Membiasakan diri nya untuk berbicara di depan umum di komunitas yang dia ikuti untuk meningkatkan kepercayaan dirinya
  • Rani akan belajar untuk melatih sifat sabar bagi dirinya sendiri dengan ikut kegiatan yoga setiap hari


Strategi Strength Threats (ST)


  • Rani akan mulai meningkatkan kemampuan berbahasa asingnya, khusus bahasa Inggris disini dengan mengikuti kursus.
  • Selain psikotes, Rani juga akan mulai mempelajari perusahaan yang menjadi target nya dan mencari banyak info apa saja kriteria yang dibutuhkan perusahaan tersebut dalam kepegawaian.


Strategi Weakness Threats (WT)


  • Bersiap untuk bertemu dengan calon pelamar lain nantinya dan tetap akan bersikap baik dengan siapa saja.
  • Mempersiapkan segala macam jawaban yang akan mungkin dipertanyakan oleh recruiter disaat proses wawancara. Belajar berbicara lebih lancar dalam menjawab nanti.


Itulah beberapa kesimpulan dan langkah - langkah yang Rani ambil guna mencapai cita - citanya tersebut.


Dari analisis SWOT diri sendiri dan strateginya tersebut Rani akhirnya saat ini sudah berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.


Kalian pun dapat menjadi seperti Rani yang berhasil mendapatkan apa yang telah dia cita - citakan. Gunakanlah analisis SWOT diri sendiri dan strateginya agar apa yang akan kalian persiapkan dapat menghasilkan secara maksimal.


Sampai bertemu di artikel kami selanjutnya.


See you on top!

Posting Komentar untuk "Mengenal Analisis SWOT Diri Sendiri Dan Strateginya Untuk Sukses!"

Berlangganan via Email