Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Memulai Usaha Kue Rumahan Untuk Pemula

Usaha kue rumahan untuk pemula menjadi pilihan yang terbaik bagi kalian enterpreneur muda yang berbisnis. Pasalnya usaha kue rumahan untuk pemula baik dari sisi permodalan. Usaha kue rumahan dapat dimulai dengan modal yang kecil di awal.


usaha kue rumahan untuk pemula ini dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang dapat menghasilkan profit yang maksimal apabila dikerjakan dengan beberapa strategi yang tepat. 

usaha-kue-rumahan-untuk-pemula


Hal ini bukan tanpa alasan loh. Pada kenyataannya banyak sekali masyarakat Indonesia yang suka akan konsumsi kue dan kondisi ini juga terus berlanjut dan tidak pernah berhenti karena makin banyak bermunculan tren camilan baru. Bukan soal keseharian saja, di indonesia sendiri di setiap acara istimewa pun selalu tersedia kue yang disajikan sebagai  makanan penting yang wajib ada.


Seperti yang sudah kita sebut sebelumnya bahwa usaha kue rumahan untuk pemula ini tidak harus dijalankan dengan modal yang besar. usaha kue rumahan untuk pemula ini juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan atau usaha utama kalian. 


Semua orang berpeluang untuk sukses dalam menjalankan usaha kue rumahan ini. Usaha ini satu golongan dengan usaha kuliner yang prospeknya cerah berjangka panjang. Berbagai inovasi dan perkembangan sosial masyarakat membuat usaha ini dapat dikerjakan oleh professional ataupun pemula dana dunia bisnis dan kewirausahaan.


Pada artikel kami kali ini akan kami berikan beberapa informasi seputar pilihan usaha kue apa yang kira - kira menguntungkan untuk dijalankan serta beberapa strategi yang wajib kalian lakukan apabila kalian ingin memulai usaha kue rumahan ini.


Pilihan Usaha Kue Rumahan Untuk Pemula Yang Laris Di Market


Usaha kue rumahan untuk pemula pada umumnya ada 2 jenis yaitu jenis kue kering dan jenis kue basah. Kedua nya mempunyai peluang yang sama dan sangat berpotensi untuk dijalankan hingga di masa yang akan mendatang.


1 Jenis Kue Kering


Untuk Kue jenis ini pada umumnya banyak peminatnya saat mendekati hari raya. Misalnya saja pada saat menjelang hari raya Idul fitri dan natal, di moment ini permintaan kue kering akan meningkat drastis.

usaha-kue-rumahan-untuk-pemula


Contoh beberapa jenis kue kering yang paling banyak dicari antara lain: 


  • nastar, 
  • lidah kucing, 
  • kue kacang, 
  • kastengel, 
  • DLL


Untuk kalian yang pemula di dunia usaha kue rumahan tidaklah perlu untuk memproduksi dan menjual seluruh jenis kue tersebut sekaligus, sesuaikanlah dengan pesanan konsumen kalian atau sesuaikan dengan kemampuan kalian dalam membuat kue tersebut.


Kebanyakan kue kering yang dipesan dijual berbentuk pasel dimana nantinya akan di konsumsi oleh konsumen sendiri atau akan diberikan kepada rekanan konsumen.


Ada baiknya kalian sebagai pemula mempelajari cara untuk menghias parsel untuk meningkatkan nilai jual kue kering kalian nanti.


2 Jenis Kue Basah

usaha-kue-rumahan-untuk-pemula

Berbeda dengan kue kering sebelumnya, untuk jenis kue basah ini lebih dibutuhkan di dalam kegiatan masyarakat sehari-hari seperti suguhan untuk tamu, kudapan saat pelaksanaan meeting, dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.


Usaha kue rumahan untuk pemula bisa dimulai dengan menitipkan hasil produksi kue basah kalian ke toko atau warung di sekitar rumah kalian. Hal ini akan jauh menghemat biaya jika kalian harus menyewa toko atau lapak berjualan.


10 Strategi Menjalankan Usaha Kue Rumahan Untuk Pemula


Saat pertama kali mendengar usaha kue rumahan untuk pemula, apakah kalian berpikir jika keahlian dalam membuat kue tersebut merupakan satu - satunya kunci untuk sukses di jenis usaha ini? Jawabannya TIDAK!


Banyak hal yang akan mempengaruhi hasil dari usaha kue rumahan ini. Dan berikut akan berikan 10 strategi dalam menjalankan usaha kue rumahan untuk pemula :

usaha-kue-rumahan-untuk-pemula


1 Rencanakanlah Semuanya Dengan Baik Dan Matang


Untuk kesuksesan usaha kue rumahan, kalian enterpreneur muda harus mempersiapkan semua perencanaan usaha dengan baik dan matang dari proses awal hingga proses akhirnya.


Dengan perencanaan yang baik dan matang maka nantinya kalian dapat mengantisipasi segala macam rintangan yang akan menghadang saat menjalankan usaha kue rumahan ini. 


Selain itu, yakinkan niat, minat dan juga passion mu yang tinggi untuk terus berusaha dan tetap bertahan dalam usaha kue rumahan walau apapun yang terjadi.


2 Siapkan Dan Perhitungkan Modal 


Bicara tentang modal bukan hanya perihal soal keuangan. Modal di usaha kue rumahan ini meliputi resep, pemilihan bahan, tenaga kerja dan uang.


Siapkan dan perhitungkan dengan tepat apa saja modal untuk memulai usaha kue rumahan untuk pemula ini.


3 Memilih Jenis Kue Yang Akan Dijalankan


Dibutuhkan survey dan analisa market untuk hal ini. Carilah info sebanyak - banyaknya jenis kue apa yang mungkin berpotensi besar di lingkungan kalian. Ingat, mulailah dahulu di lingkungan sekitar kalian karena itu adalah market terdekat yang dapat kalian sasar terlebih dahulu di awal usaha kue rumahan ini.


4 Lihat, Tiru Dan Modifikasi Kompetitor Kalian


Untuk semakin memperkuat data analisis market kalian, cobalah untuk melihat apa yang kompetitor kalian lakukan. Tapi ingatlah, lakukan prinsip Lihat, Tiru dan modifikasi dari apa yang kompetitor kalian lakukan.


Hasilkan nilai lebih dari produk kalian dibandingkan dengan kompetitor kalian tersebut. Jangan terjebak di persaingan harga karena hal tersebut akan membunuh usaha kue rumahan kalian seiring berjalannya waktu.


5 Menentukan Harga Kompetitif Bagi Market


Penentuan harga produk kue kalian haruslah tepat. Tidak bisa terlalu murah dan tidak bisa juga terlalu mahal.


Sesuaikan dengan kualitas dari produk kalian sendiri. Jangan tergiur profit yang besar sehingga settingan harga kalian menjadi tinggi.


Berikan nilai jual lebih pada produk kalian jika ingin menaikkan harga seperti misalnya produk dijual dalam bentuk parcel.


6 Pahami Kebutuhan Pasar  


Ini adalah lanjutan dari survey market sebelumnya. Selalu mendengarkan apa yang konsumen kalian butuhkan dan lengkapilah kebutuhan tersebut maka kalian dapat dikatakan berhasil menggaet peluang yang ada.


7 Tentukan Lokasi Penjualan


Ini adalah faktor utama yang menentukan besar modal yang harus disiapkan untuk mulai menjalankan usaha. Jika kalina memiliki modal lebih kalian dapat berjualan di lokasi strategis padat penduduk sehingga usaha kue rumahan kalian memiliki peluang yang lebih tinggi.


Jika tidak kalian dapat menitipkan hasil kue kalian ke toko atau warung di sekitar lingkungan kalian atau kalian dapat menjualnya secara online. Ini akan jauh menghemat biaya modal yang harus kalian persiapkan.


8 Selalu Berkreasi Dan Berinovasi Pada Usaha Kue Rumahan Kalian


Untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan usaha kue rumahan, kalian harus rajin melakukan inovasi dan kreasi terhadap produk yang kalian hasilkan. Hal ini akan meningkatkan nilai jual terhadap produk kalian tersebut di mata konsumen, dan nantinya produk kalian akan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan banyaknya kompetitor.


Selain produk, inovasi dalam proses marketing dan penjualan pun harus kalian lakukan. Jangan pernah untuk berinovasi dan berkreasi. Jangan pernah merasa puas!


9 Buatlah Identitas Usaha Dan Packaging Produk Yang Menarik


Identitas brand yang kuat serta packaging yang menarik akan mampu membuat usaha kue rumahan kalian bertahan di market. Ini juga merupakan salah satu kreasi dan inovasi yang sebelumnya sudah kita bahas.


10 Mengatur Strategi Marketing Usaha Kue Rumahan Kalian


Dalam membuat strategi marketing usaha kue rumahan yang harus diperhatikan adalah bagaimana kalian akan menyampaikan segala macam marketing tersebut kepada calon konsumen kalian.


Apabila kalian membuka toko offline untuk usaha kue rumahan maka kalian harus memperkenalkan usaha tersebut ke lingkungan sekitar. Gunakanlah teknik teknik yang sudah ada dan berkreasilah dengan hal tersebut.


Selain itu manfaatkan juga kemampuan social media, marketplace dan internet untuk menggaet lebih banyak lagi calon - calon konsumen kalian.


Demikianlah bagaimana strategi usaha kue rumahan untuk pemula tersebut dijalankan. Bagi kalian yang ingin memulai usaha kue rumahan untuk pemula maka silahkan dicoba strategi - strategi di atas dengan baik.


Selamat mencoba dan salam sukses!


See you on top!


Posting Komentar untuk "Strategi Memulai Usaha Kue Rumahan Untuk Pemula"

Berlangganan via Email